My Photo
Sava
Anak kampung di pelosok utara 30 km dari Banjarnegara, Jawa Tengah dan 5 km ke sebelah timur... Dimana ya ???. Tanya tukang ojek pasti tahu he he he.

January 02, 2010

Jenis Jenis Affiliasi

Ada 3 jenis utama program afiliasi:
  • Program pay per sale
  • Program pay per lead
  • Program pay per click
Dalam program pay per sale (PPS), Anda akan dibayar apabila calon pembeli yang Anda rekomendasikan melalui affiliate link Anda membeli produk/jasa yang ditawarkan oleh merchant. Pada intinya di progra PPS anda akan mendapatkan komisi jika transaksi telah dilakukan.

Program pay per lead (PPL) adalah jenis program afiliasi yang memberikan pembayaran flat (rata, tidak tergantung pada kondisi tertentu...misalnya "US$ 10 per new customer" atau US$ 5 per order. :-)

Dalam program ini Anda dibayar jika calon pembeli (dalam hal ini disebut leads) yang Anda rekomendasikan membeli (atau sign up atau apply) pada produk/jasa yang ditawarkan oleh merchant.

Berbeda dengan program PPS dimana produk/jasa yang ditawarkan biasanya berupa benda fisik (misalnya produk elektronik dan lain-lain), dalam program PPL yang ditawarkan berupa dana pinjaman atau hipotek (pegadaian), produk asuransi, dan lain-lain yang sejenis itu. 

Oh ya, kualifikasi leads tersebut ditentukan oleh pihak merchant, apakah leads tersebut sudah sesuai dengan kriteria yang mereka persyaratkan atau belum. Jika leads tersebut sudah sesuai, maka Anda akan mendapatkan komisi-nya, jika belum maka Anda belum bisa dibayar untuk leads yang Anda rekomendasikan tersebut. :-)

Program pay per click (PPC) (atau biasa disebut juga click-through programs) adalah program yang akan memberi Anda komisi untuk setiap pengunjung yang Anda kirim ke website merchant (cuman kirim aja lho, tidak harus sampai membeli ;-) ). Besarnya komisi tersebut bervariasi antara $0.01 hingga $0.20 atau lebih per pengunjung yang dikirim. Contoh program PPC yang paling booming saat ini adalah Google Adsense.

Jika Anda bermaksud mengikuti program PPC ini,  maka sebaiknya Anda membaca dengan seksama perjanjian kerjasama (affiliate agreement) sebelumnya....sebab ada beberapa program PPC yang baru akan membayar Anda pada klik-an di halaman kedua (yaitu halaman website merchant). Pada intinya dalam program PPC anda akan mendapatkan komisi jika orang lain mengklik suatu iklan (hanya klik), seperti anda memasang google adsense pada situs anda maka anda akan mendapatkan komisi ketika orang lain mengklik iklan.

Maksudnya, Anda baru akan mendapatkan komisi jika pengunjung yang Anda kirim ke website merchant meng-klik iklan yang terpasang di halaman website merchant tersebut, walaupun sebenarnya pengunjung tersebut bisa sampai ke halaman website merchant tadi melalui affiliate link Anda. Hal ini sedikit banyak akan mengurangi potensi pendapatan Anda. Jika dibandingkan dengan klik-an di halaman pertama, pendapatan Anda bisa berkurang antara 75% hingga 90%.. :-) 

Sumber : http://www.cari-uang-online-pemula.com dan sumber lainnya

No comments:

About This Blog

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra | Modif By Sava